Recount Text : Pengertian, Tujuan, Macam-macam, dan Ciri-ciri Recount Text





Recount text sendiri adalah salah satu jenis teks dalam penulisan bahasa Inggris yang berfungsi untuk menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman di masa lalu. Tujuan dari teks ini adalah untuk memberikan informasi atau menghibur pembaca sehingga tidak terdapat konflik.


 MACAM-MACAM RECOUNT TEXT:


  • Personal recount

Personal recount adalah recount text yang berfungsi menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis.
  • Factual recount

Factual recount adalah recount text yang berfungsi untuk menyajikan laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan ataupun laporan kepolisian.
  • Imaginative

Imaginative adalah jenis recount text yang berfungsi menyajikan sebuah cerita imaginative. Lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.

STRUKTUR RECOUNT TEXT

Dalam membuat recount text, ada struktur yang harus diikuti dalam penyusunan teks itu sendiri. Struktur recount text terbagi menjadi 3 bagian.
  • Orientation

Dalam tahap yang pertama ini, penulis diminta untuk memberikan sebuah pengenalan berupa informasi mengenai siapa, di mana, kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lalu.
  • Events

Tahap kedua ini, penulis diminta menyampaikan rekaman peristiwa yang terjadi dan biasanya ditulis dalam urutan kronologis, seperti ‘In the first day... . In the next day... . In the last day...’ Dalam bagian ini pula terdapat komentar pribadi mengenai peristiwa atau kejadian yang diceritakan. 
  • Reorientation

Tahapan terakhir ini merupakan tahapan pengulangan pengenalan yang ada di tahap pertama. Pengulangan yang ada merangkum semua peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
 CIRI-CIRI RECOUNT TEXT

Pada saat menulis sebuah recount text, pastikan ciri-ciri berikut terdapat pada tulisan Anda.
Menggunakan kalimat past tense
Contoh : I spent my holiday in Malang and I was very happy.

Menggunakan action verbs
Contoh : spent, went, brought, took, dll

Menggunakan adverb dan adverbial phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara.
Contoh : last month, in Malang, lately, dll

Menggunakan conjunction dan time connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian.
Contoh: and, or, after that, dll

1 comments: